Larangan Selama Ibadah Umroh Berlangsung

Berencana Umroh dalam waktu dekat ini? Selain Antum semua harus mengetahui keutamaan dari ibadah Umroh, pun juga wajib mengetahui apa saja hal-hal larangan saat umroh yang tidak boleh dilakukan saat menjalankan ibadah Umroh. Sebab di Tanah Suci banyak diterapkan aturan-aturan yang wajib kita patuhi. Saat kita tidak patuh, kita akan dikenakan denda atau yang biasa dikenal dengan sebutan “Dam.”

Meskipun jika Antum pergi dengan agen perjalanan yang senantiasa akan mengingatkan Antum tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat umroh. Antum tetap harus mempunyai bekal diri berupa pengetahuan tentang Umroh agar mengurangi terjadinya kesalahan saat ibadah.

Simak beberapa larangan saat umroh berikut. Semoga bermanfaat untuk Antum yang membaca. Silakan sebarkan juga kepada rekan-rekan Antum yang membutuhkan informasi terkait Umroh.

1. Menggunting Kuku

Di saat Umroh, tak dibolehkan untuk menggunting kuku. Sebelum Umroh, ada baiknya kita bersihkan anggota tubuh. Itulah gunanya membaca larangan-larangan sebelum Umroh. Jadi, tubuh kita sudah bersih sebelum Ihram.

2. Memakai Wangi-wangian

Antum dilarang menggunakan parfum atau wewangian saat sudah niat Ihram. Baik itu parfum yang ada di pakaian maupun yang menempel di badan. Antum juga dianjurkan agar tidak menggunakan minyak angin atau balsam karena itupun mengandung wangi-wangian. Namun, bagi laki-laki yang ingin menggunakan parfum, Antum bisa menggunakannya saat mandi Sunnah sebelum niat Umroh.

3. Memburu atau Membunuh Hewan

Seperti yang tertuang dalam Surat Al Maidah ayat 95, para jamaah yang hendak umroh tidak diperbolehkan untuk menangkap binatang ketika sedang berihram. Disebabkan ketika pada zaman Nabi SAW, beberapa para sahabat yang ingin melaksanakan umroh biasanya berburu hewan dikarenakan perlu waktu berhari-hari untuk bisa sampai di Tanah Suci. Ini unutk memenuhi persediaan makanan yang hampir habis.

Baca Juga :

  1. Rincian Biaya Umroh Yang Harus Dikeluarkan Tahun Ini
  2. Daftar Paket Umroh Murah 2019 Di Haramainumroh

4. Mencabut atau Mencukur Rambut di Badan

Antum pun tak boleh mencabut atau mencukur rambut. Saat diketahui mencabut atau mencukur rambut, Antum akan diharuskaan untuk menunaikan dam, sedekah atau fidyah.

5. Berhubungan Suami Istri

Jika sudah berihram, suami istri yang sedang menunaikan ibadah umroh diharuskan untuk menjaga ihramnya. Jamaah dilarang untuk melakukan sesuatu yang mengundang syahwat.

6. Merusak Tanaman

Larangan yang juga diperhatikan. Merusak tanaman pun termasuk adalah bagian dari hal yang dilarang saat Umroh. Memetik bunga-bungaan dan dedaunan pun tak boleh dilakukan.

Itulah beberapa larangan saat umroh secara umum. Semoga info singkat ini bermanfaat untuk Antum yang membaca.