Daftar Perlengkapan Haji

Bismillah. Ikhwan wa akhwati fillah, terkadang kegembiraan kita ketika semakin mendekati waktu untuk berangkat haji membuat fokus kita sedikit banyak mulai bergeser, misalkan seperti perlengkapan haji yang harusnya dibawa namun akhirnya tertinggal.

Berangkat darisitu, maka penting kiranya kita mengetahui apa saja yang menjadi checklist atau daftar perlengkapan haji yang harus disiapkan dan jangan sampai tercecer.

9 Rekomendasi Sandal Umrah yang Nyaman untuk Beribadah di Tanah Suci

Daftar Perlengkapan Haji Pria & Wanita

1. Sepatu & Sandal Jepit

Ibadah haji memerlukan tenaga yang ekstra, banyak sekali aktifitas yang menuntut kita harus tetap bugar seperti wukuf di arafah dan melempar jumrah. Untuk meningkatkan kenyamanan dan menjaga kebugaran sangat disarankan bagi anda untuk membawa sepatu dan sandal jepit yang memang betul-betul nyaman digunakan. Misalkan sepatu yang empuk sehingga mobilisasi anda selama di tanah suci tetap lancar insyaAllah

2. Buku Buku Doa

insyaAllah setiap calon jemaah yang daftar di travel kami akan mendapatkan buku-buku doa seperti dzikir pagi petang, doa-doa dan panduan selama di tanah suci, buku-buku tersebut janganlah sampai tercecer sehingga tidak dibawa.

Dengan kita membawa buku-buku doa dan dzikir, bisa membantu meningkatkan amaliah kita selama di tanah suci insyaAllah.

3. Obat-Obatan dan Vitamin

Dikarenakan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit, maka jemaah sangatlah penting menambah asupan tenaganya melalui vitamin yang biasa di konsumsi. Selain itu juga mengingat saat pandemi seperti ini, maka penularan penyakit non covid-19 pun juga beragam oleh karenanya penting kiranya jemaah juga membawa obat-obatan yang sekiranya biasa diminum.

4. Perlengkapan Kecil Penting

Jika jemaah perempuan pastikan anda membawa perlengkapan-perlengkapan yang sebenarnya memiliki ukuran yang kecil namun sebenarnya sering digunakan, seperti peniti. Selain itu untuk jemaah secara umum jangan sampai lupa untuk membawa perlengkapan berikut ini:

  • Spidol dan lakban yang bisa beguna untuk menandakan zamzam yang dimilikinya
  • botol minum
  • gunting kuku
  • sarung bantal untuk di Mina
  • charger

5. Pakaian Ihram Tambahan

Meskipun dari pihak travel Haramainumroh memberikan pakaian ihram tambahan, namun penting bagi setiap jemaah juga memliki kain ihram tambahan. Fungsi dari kain ihram ini apabila kain ihram yanga da dari jemaah kotor atau rusak atau mungkin terkena najis maka bisa dengan segera jemaah menggantinya dengan kain ihram baru penggantinya sehingga runtinitas ibadah haji dapat berlangsung sebagaimana mestinya.

Baca Juga: https://haramainumroh.com/syarat-wajib-haji/

6. Sajadah

Sajadah menjadi salah satu poin penting yang jangan sampai anda lewatkan untuk dibawa. Fungsi dari sajadah ini adalah anda bisa mendirikan sholat dimanapun ketika waktu sholat sudah tiba. Jangan sampai hanya karena perkara sajadah sholat anda menjadi terbengkalai.