Keutamaan Umrah Ramadhan & Paketnya

Keutamaan Umroh Ramadhan & Paket Umroh Ramadhan – Haramainumroh | Bismillah, Assalamualaykum Ikhwani Wa Akhwati Fillah. Sebagaimana yang kita ketahui langsung dari lisan Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam dalam islam ada 4 bulan mulia, yakni Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharam dan Ramadhan. Point bahasan kita kali ini di bulan Ramadhan. Banyak sekali literature yang menjelaskan keutamaan bulan Ramadhan, mulai dari terbukanya pintu ampunan yang luas bagi yang bertaubat, pintu rahmat dan pintu untuk mendulang pahala karena banyak sekali amalan bulan ramdhan yang akan dilipatgandakan bila dikerjakan di bulan tersebut, termasuk umroh. Lantas apa saja keutamaan Umrah di bulan Ramadhan?

Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan

Setara Dengan Haji Di Bulan Ramadhan

Ada satu hadits riwayat Imam Muslim nomor hadits 1256 yang lafazhnya berbunyi “umrah di bulan Ramadhan senilai dengan haji”. Ikwani wa akhwati fillah, tahukah antum 5  Rukun Islam syarat wajib seseorang dikatakan sebagai seorang muslim, dan haji merupakan salah satu rukun yang dikerjakan penuh dengan kemampuan. Semisal finansial, kesehatan dan saat ini ditambah lagi masa antri haji di Indonesia yang tidaklah sebentar. Oleh karenanya menurut Syaik Bin Baz jika antum memiliki kesempatan finansial dan haji, insyaAlloh jika antum telah wafat dalam keadaan belum berhaji tetap mendapatkan ibadah senilai haji (Wallahu A’lam).

Setara Dengan Haji Bersama Rasulullah

Hadits shahih lainnya datang dari riwayat Imam Bukhari nomor hadits 1863 “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku”. Ikhwani wa akhwati fillah, jika sebelumnya kita ketahu kedudukan pahala umroh di bulan Ramadhan setara dengan haji, maka hadits ini memberitakan informasi yang membahagiakan hati setiap umat islam. Kita berhaji bersama Nabi sangatlah tidak mungkin, namun dengan melaksanakan umroh di bulan Ramadhan sudah cukup menjadikan kedudukan ibadah umroh tersebut seperti berhaji bersama Rasul Shallallahu Alaihi Wassalam. Bukankah Ibnu Abbas Radiallahu Anhu mengatakan

مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّى مَعَنَا

Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?

Semoga informasi ringan ini berbobot dan bermanfaat bagi kita semua. Perkara berikutnya adalah apakah setiap umroh di bulan ramadhan pasti kedudukannya demikian? Jawabnya adalah jelas bahwa setiap ibadah yang dilakukan dengan ikhlas dan tidak menyelisihi tuntunan Nabi Shallallahu Alaihi Wassalam maka akan diterima amal ibadah tersebut. Dan seseorang yang beribadah dengan penuh keraguan dan menyelisihi sunnah sesungguhnya amalan itu jelas tertolak. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak.” (HR. Bukhari no. 20 dan Muslim no. 1718)

 

Informasi terkait Paket Umroh Ramadhan bisa dilihat di Paket Umroh Murah Haramainku